Health

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak

108
×

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak

Share this article
Kesehatan ibu dan anak
Kesehatan ibu dan anak

Kesehatan ibu dan anak adalah salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Kesehatan orang tua dan anak berkaitan erat dengan kualitas hidup, kesejahteraan, dan hak asasi manusia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan ibu dan anak mencakup kesehatan reproduksi, kesehatan neonatal, kesehatan anak, dan kesehatan remaja.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Ibu dan Anak

Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan ibu dan anak dalam kehidupan antara lain adalah:

– Faktor sosial-ekonomi

Faktor ini meliputi pendidikan, pekerjaan, penghasilan, status perkawinan, akses ke layanan kesehatan, sanitasi, dan lingkungan hidup. Faktor-faktor ini berpengaruh terhadap tingkat kesadaran, perilaku, dan kemampuan ibu dan anak dalam menjaga kesehatannya.

– Faktor biologis

Faktor ini meliputi usia, paritas, riwayat kesehatan, genetik, gizi, dan imunitas. Faktor-faktor ini berpengaruh terhadap kondisi fisik, mental, dan emosional ibu dan anak serta risiko mengalami komplikasi atau penyakit tertentu.

– Faktor budaya

Faktor ini meliputi nilai, norma, kepercayaan, adat istiadat, serta praktik tradisional terhadap pihak yang berkaitan. Faktor-faktor ini berpengaruh terhadap sikap, preferensi, kepatuhan yang bersangkutan terhadap pelayanan kesehatan yang tersedia.

Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

Untuk meningkatkan hal tersebut, maka diperlukan upaya-upaya yang komprehensif, terpadu, dan berkelanjutan dari berbagai pihak. Beberapa upaya yang perlu dilakukan antara lain adalah:

– Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Hal ini dapat dilakukan dengan memperluas jangkauan, meningkatkan kapasitas, serta memperbaiki fasilitas pelayanan kesehatan di semua tingkatan. Pelayanan kesehatan tersebut meliputi pelayanan konseling, pemeriksaan, imunisasi, persalinan, KB, deteksi dini, rujukan, rehabilitasi, serta pencegahan penyakit.

– Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Kesehatan

Hal ini dapat dilakukan dengan memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengadvokasi, mengawasi, serta mendukung pelayanan kesehatan  di daerahnya. Partisipasi masyarakat juga dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, kemudian juga keterampilan masyarakat dalam menjaga kesehatan orang tua dan anak.

– Meningkatkan Kerjasama Lintas Sektor Dalam Kesehatan

Hal ini dapat dilakukan dengan membangun komitmen, koordinasi, dan kolaborasi antara sektor-sektor terkait seperti pendidikan, sosial, ekonomi, lingkungan hidup, agama, budaya, media massa, swasta, LSM, dan lain-lain. Kerjasama lintas sektor dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta sinergi dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pihak yang bersangkutan.

Cara Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Anak

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu dan anak yang dapat dilakukan:

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air dalam jumlah yang seimbang. Makanan bergizi dapat membantu ibu dan anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah penyakit. Beberapa contoh makanan bergizi adalah nasi, sayur, buah, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu ibu dan anak untuk menjaga berat badan ideal, meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan otot dan tulang, serta mengurangi stres. Selain itu, olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu dan anak antara lain adalah berjalan kaki, bersepeda, berenang, yoga, atau senam. Olahraga sebaiknya dilakukan minimal 30 menit per hari dan disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kebersihan diri dan kebersihan lingkungan merupakan faktor penting dalam mencegah penularan penyakit. Ibu dan anak harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil atau besar, setelah bersin atau batuk, dan setelah menyentuh benda-benda kotor. Selain itu, ibu dan anak juga harus menjaga kebersihan gigi, rambut, kulit, pakaian, dan tempat tinggal. Kebersihan diri dan lingkungan dapat membuat ibu dan anak merasa lebih nyaman dan sehat.

Kesimpulan

Dan itulah beberapa faktor dan juga cara menjaga kesehatan ibu dan anak dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page