NewsTren

Kronologi Terjadinya Konflik Antara Hamas dan Israel Terbaru 2023

75
×

Kronologi Terjadinya Konflik Antara Hamas dan Israel Terbaru 2023

Share this article

Konflik antara Hamas dan Israel telah menjadi buah bibir dan pusat perhatian di seluruh dunia, karena telah berlangsung selama puluhan tahun dan menjadikannya salah satu konflik paling panjang dan rumit dalam sejarah Timur Tengah. Dengan akarnya yang menjangkau pertengahan abad ke-20, ketika pemukiman Yahudi pertama didirikan di wilayah Palestina yang diduduki Inggris.

Konflik antara Hamas dan Israel telah menewaskan ribuan orang dan mengganggu kehidupan sehari-hari penduduk di kawasan tersebut. Kebrutalan dan sifat yang semakin memburuk dari konflik ini selalu memadamkan harapan akan perdamaian yang berkelanjutan. Kita akan menjelajahi setiap aspek kronologi konflik antara Hamas dan Israel.

Sejarah Adanya Konflik Antara Hamas dan Israel

Konflik antara Hamas dan Israel muncul dari akar sejarah yang sangat panjang dan rumit, melibatkan peristiwa yang melibatkan kekuatan besar di Timur Tengah dan kebijakan internasional yang kompleks. Semua dimulai sekitar pertengahan abad ke-20, ketika pemukiman Yahudi pertama didirikan di wilayah Palestina yang saat itu diduduki oleh Inggris.

Pemukiman ini menjadi sumber ketegangan awal, menyulut konflik antara penduduk asli Palestina dan imigran Yahudi yang datang dengan harapan membangun negara mereka sendiri. Ketegangan ini mencapai puncaknya dengan deklarasi kemerdekaan Israel pada 1948. Yang diikuti oleh serangkaian perang antara Israel dan negara-negara Arab sekitarnya, seperti Mesir, Yordania dan Suriah.

Pembentukan negara Israel memicu konflik yang semakin kompleks, dengan para Yahudi dan penduduk Palestina yang telah tinggal di wilayah tersebut selama berabad-abad saling bersaing untuk klaim atas tanah yang sama. Konflik ini memuncak dalam perang Arab-Israel tahun 1948, yang dikenal sebagai Perang Kemerdekaan Israel, yang berujung pada pendudukan wilayah-wilayah tertentu oleh Israel.

Sejak itu, wilayah Palestina terus mengalami perubahan dinamis, dengan perang-perang berikutnya seperti Perang Enam Hari tahun 1967 yang menyebabkan Israel menduduki tepi barat, jalur Gaza dan Yerusalem Timur. Selama periode ini, konflik semakin rumit dengan munculnya berbagai kelompok militan, termasuk Hamas, yang muncul pada tahun 1987 sebagai reaksi terhadap pendudukan Israel.

Beberapa Upaya Perdamaian yang Telah di Lakukan

Selama puluhan tahun, banyak upaya yang telah dilakukan untuk mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina. Sebuah konflik yang telah menciptakan ketidakstabilan dan penderitaan di seluruh wilayah Timur Tengah. Upaya tersebut mencakup serangkaian perundingan langsung antara pihak-pihak yang terlibat. Dengan salah satu momen puncaknya adalah Perjanjian Oslo pada tahun 1993.

Namun, kesepakatan-kesepakatan tersebut sering kali tersandung oleh ketegangan yang tidak terselesaikan dan ketidakpercayaan antara Israel dan Palestina. Selain itu, mediasi internasional juga telah berperan, dengan negara-negara dan organisasi seperti Amerika Serikat. Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Uni Eropa mencoba untuk membantu dalam negosiasi perdamaian.

Rencana perdamaian seperti Rencana Perdamaian Timur Tengah yang diajukan oleh Amerika Serikat pada tahun 2020 juga muncul. Tetapi selalu menemui hambatan dan kontroversi yang menghambat kemajuan substansial. Hingga saat ini, upaya-upaya tersebut belum mampu mencapai penyelesaian konflik yang berkelanjutan dan berharap muncul peluang perdamaian dimasa depan.

Akhir Kata

Itulah sedikit berita tentang kronologi terjadinya konflik antara Hamas dan Israel di Timur Tengah. Kronologi konflik antara Hamas dan Israel telah mencakup berbagai peristiwa sejak pembentukan negara Israel pada tahun 1948. Konflik ini telah menyebabkan penderitaan yang besar bagi kedua belah pihak dan mempengaruhi stabilitas seluruh wilayah Timur Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page