Health

Resep Camilan Sehat untuk Bayi 6 Bulan! Ibu Bisa Mencobanya Sekarang Juga!

72
×

Resep Camilan Sehat untuk Bayi 6 Bulan! Ibu Bisa Mencobanya Sekarang Juga!

Share this article
camilan sehat untuk bayi 6 bulan
camilan sehat untuk bayi 6 bulan

Seperti yang kita tahu, bayi yang usia 6 bulan sudah mulai memasuki tahap MPASI (Makanan Pendamping ASI), yang artinya mereka sudah bisa mencoba makanan selain ASI atau susu formula, bisa juga mencoba camilan sehat untuk bayi 6 bulan.

Namun, tidak semua camilan sehat untuk bayi 6 bulan, terutama camilan yang biasanya mengandung gula, garam, atau bahan tambahan lainnya yang bisa berbahaya bagi kesehatan bayi. Oleh karena itu, orang tua harus memilih camilan sehat yang sesuai untuk bayi 6 bulan, yang bisa membantu perkembangan otak, tulang, dan organ tubuh lainnya.

Resep Camilan Sehat untuk Bayi 6 Bulan! Ibu Bisa Mencobanya Sekarang Juga!

Berikut adalah beberapa camilan sehat yang bisa diberikan kepada bayi 6 bulan, beserta manfaat dan cara membuatnya:

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah dicerna oleh bayi, karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Selain itu, pisang juga mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, vitamin C, vitamin B6, dan serat, yang baik untuk kesehatan jantung, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Dan pisang juga bisa membantu bayi merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi frekuensi menyusui. Cara membuat camilan pisang untuk bayi 6 bulan sangat mudah, yaitu:

  • Pilih pisang yang matang dan lunak, lalu kupas kulitnya.
  • Potong-potong pisang menjadi ukuran kecil, sesuai dengan kemampuan bayi mengunyah dan menelan.
  • Berikan pisang kepada bayi dengan menggunakan sendok, garpu, atau jari tangan, tergantung pada preferensi bayi.
  • Jangan lupa untuk memantau bayi saat makan pisang, dan pastikan tidak ada potongan pisang yang tersangkut di tenggorokan bayi.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat, yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Buah yang lembut ini juga mengandung vitamin E, vitamin K, folat, dan zat besi, yang penting untuk kesehatan kulit, tulang, darah, dan sel saraf bayi.

Dan alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan krimi, yang cocok untuk bayi yang baru belajar makan. Cara membuat camilan alpukat untuk bayi 6 bulan juga sangat mudah, yaitu:

  • Pilih alpukat yang matang dan lunak, lalu belah menjadi dua bagian.
  • Kerok daging alpukat dengan sendok, lalu haluskan dengan garpu atau blender.
  • Berikan alpukat kepada bayi dengan menggunakan sendok, atau campurkan dengan ASI atau susu formula untuk membuat smoothie alpukat.
  • Jangan berikan alpukat yang sudah berubah warna atau berbau tidak sedap, karena bisa menimbulkan alergi atau keracunan makanan pada bayi.

3. Keju

Keju adalah sumber protein, kalsium, dan fosfor, yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi bayi. Selain itu, keju juga mengandung vitamin A, vitamin D, dan zink, yang bisa meningkatkan penglihatan, kesehatan kulit, dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Dan keju juga memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal, yang bisa merangsang indera pengecap dan peraba bayi. Cara membuat camilan keju untuk bayi 6 bulan cukup sederhana, yaitu:

  • Pilih keju yang rendah garam dan lemak, seperti keju mozzarella, keju cottage, atau keju ricotta.
  • Potong-potong keju menjadi ukuran kecil, atau parut keju dengan menggunakan parutan.
  • Berikan keju kepada bayi dengan menggunakan sendok, garpu, atau jari tangan, atau campurkan dengan buah-buahan, sayuran, atau roti untuk membuat variasi rasa.
  • Jangan berikan keju yang terlalu keras, asin, atau berjamur, karena bisa menyebabkan tersedak, dehidrasi, atau infeksi pada bayi.

4. Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang difermentasi oleh bakteri baik, yang bisa membantu keseimbangan flora usus dan pencernaan bayi. Dan yogurt juga mengandung protein, kalsium, vitamin B12, dan probiotik, yang bisa mendukung pertumbuhan dan kesehatan bayi secara keseluruhan.

Selain itu, yogurt juga memiliki rasa yang asam dan tekstur yang lembut, yang bisa menambah variasi makanan bayi. Cara membuat camilan yogurt untuk bayi 6 bulan juga tidak sulit, yaitu:

  • Pilih yogurt yang tidak mengandung gula, pemanis buatan, pewarna, atau perasa tambahan, seperti yogurt plain atau yogurt Yunani.
  • Berikan yogurt kepada bayi dengan menggunakan sendok, atau campurkan dengan buah-buahan, sereal, atau madu untuk membuat rasa yang lebih manis.
  • Jangan berikan yogurt yang sudah kadaluarsa, berbau tidak sedap, atau berlendir, karena bisa menyebabkan diare, muntah, atau sakit perut pada bayi.

Camilan sehat untuk bayi 6 bulan harus dipilih dengan hati-hati, dan diberikan dengan cara yang aman dan higienis, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan pada bayi. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page