Travel

Rekomendasi Tempat Wisata Polewali Mandar yang Masih Jarang Dijamah Wisatawan

76
×

Rekomendasi Tempat Wisata Polewali Mandar yang Masih Jarang Dijamah Wisatawan

Share this article
Tempat Wisata Polewali Mandar
Tempat Wisata Polewali Mandar

Bosen berlibur di pulau Jawa? Bagaimana jika pergi ke provinsi Sulawesi saja! Khususnya Tempat Wisata Polewali Mandar! Polewali Mandar adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Barat yang memiliki banyak potensi wisata alam dan budaya.

Kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 175 km yang menawarkan pemandangan indah dan eksotis. Selain itu, Polewali Mandar juga memiliki berbagai destinasi wisata lainnya yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Polewali Mandar yang bisa Kamu kunjungi:

Rekomendasi Tempat Wisata Polewali Mandar yang Masih Jarang Dijamah Wisatawan

1. Pantai Bambu

Pantai Bambu adalah salah satu pantai terindah di Polewali Mandar yang masih alami dan sepi pengunjung. Padahal, pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan bersih, serta air laut yang jernih dan biru.

Di pantai ini, Kamu bisa menikmati keindahan alam, berenang, bermain pasir, atau bersantai di bawah pohon-pohon rindang. Selain itu, Pantai Bambu juga memiliki spot snorkeling yang menarik, di mana Kamu bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang cantik. Dan Pantai Bambu berada di Desa Bambu, Kecamatan Campalagian, sekitar 30 km dari pusat kota Polewali.

2. Air Terjun Limboro

Air Terjun Limboro adalah salah satu air terjun tertinggi di Polewali Mandar yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter, dan mengalir dari Gunung Limboro dan membentuk kolam alami di bawahnya. Selain itu, Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras dan suara gemuruh yang menenangkan.

Di sekitar air terjun, Kamu bisa menemukan pepohonan hijau yang rimbun dan udara yang sejuk. Jika tertarik berkunjung, Air Terjun Limboro berada di Desa Limboro, Kecamatan Balanipa, sekitar 40 km dari pusat kota Polewali.

3. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusung Toraja adalah salah satu pulau kecil yang terletak di perairan Polewali Mandar, yang memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai rumah adat Toraja yang beratapkan tanduk kerbau. Memiliki luas sekitar 1 hektar, membuat pulau ini ditumbuhi oleh rumput dan pohon-pohon kecil.

Di pulau ini, Kamu bisa menikmati panorama laut yang luas dan biru, serta melihat lumba-lumba yang sering muncul di sekitarnya. Dan Pulau Gusung Toraja berada di Desa Bulo, Kecamatan Binuang, sekitar 15 km dari pusat kota Polewali.

4. Danau Biru

Danau Biru adalah salah satu danau yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan di Polewali Mandar, dan memiliki warna air yang biru tosca yang sangat menawan dan kontras dengan warna tanah di sekitarnya.

Selain itu, Danau ini memiliki kedalaman sekitar 50 meter dan tidak memiliki aliran air. Di danau ini, Kamu bisa menyaksikan refleksi langit dan awan yang indah, serta berfoto dengan latar belakang yang instagramable. Jika kamu ingin berkunjung ke Danau Biru, langsung saja datang ke Desa Salutambung, Kecamatan Wonomulyo, sekitar 25 km dari pusat kota Polewali.

5. Desa Budaya Mamuju

Desa Budaya Mamuju adalah salah satu desa yang menjadi pusat pelestarian budaya dan sejarah Polewali Mandar, serta memiliki berbagai bangunan tradisional yang khas, seperti rumah panggung, lumbung padi, dan rumah adat.

Di desa ini, Kamu bisa belajar tentang kehidupan, adat istiadat, dan kesenian masyarakat Polewali Mandar, seperti tari-tarian, musik, dan kerajinan. Dan Desa Budaya Mamuju juga memiliki museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah, seperti senjata, perhiasan, dan pakaian. Desa Budaya Mamuju berada di Desa Mamuju, Kecamatan Tapalang, sekitar 20 km dari pusat kota Polewali.

Itulah 5 tempat wisata Polewali Mandar yang masih jarang dijamah wisatawan. Bagaimana, ada yang menarik untuk kamu kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page