Education

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Cara Mengamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

79
×

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Cara Mengamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Share this article
pengertian pendidikan agama islam
pengertian pendidikan agama islam

Di dunia ini, ada banyak hal yang harus dipelajari, salah satunya adalah pendidikan Agama Islam. Mulai dari pengertian pendidikan agama islam, hingga seperti apa cara menerapkannya. Dan kabar baiknya, pada artikel ini kita akan memberikan penjelasan ringkas, sebagai tambahan informasi dan pengetahuanmu.

Tentang pengertian pendidikan agama Islam, menurut Muhammad Nasikhul Abid, pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan.

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Cara Mengamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Pendidikan agama Islam adalah suatu bentuk pendidikan yang komprehensif, yang tidak hanya membekali anak dengan pengertian agama atau mengembangkan intelek anak saja, tetapi juga menyangkut keseluruhan pribadi anak.

Selain itu, pendidikan agama Islam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam, yang sumber utamanya adalah Al-Qur’an dan hadits. Menurut Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 Bab I pasal 2, pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan, membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran/kuliah pada semua jalur, jenjang pendidikan, dan jenis pendidikan.

Zakiyah Daradjat menjelaskan bahwa pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan ajarannya yang pada akhirnya bisa mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pola pandangan hidup.

Tujuan pendidikan Islam juga untuk mendidik peserta didik secara lebih utuh, tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat, dan untuk meningkatkan nilai moral dalam rangka mencapai akhlakul karimah. Dalam pendidikan agama Islam, yang harus dikembangkan adalah etika, moralitas, dan akhlak.

3 Aspek Penting  Pendidikan Agama Islam

Selain itu, ada 3 aspek penting dalam pendidikan agama Islam, yakni sebagai berikut:

1. Aspek Keyakinan (Akidah)

Aspek keyakinan iman ini yang bisa kemudian banyak dikenal sebagai akidah. Akidah mengacu pada keimanan terhadap Allah SWT dan segala sesuatu yang difirmankanNya untuk diyakini dalam beriman. Dalam Islam, pendidikan akidah sendiri menempati posisi yang paling mendasar, seperti terlihat pada rukun Islam pertama.

2. Aspek Norma atau Hukum (Syariah)

Ajaran pokok fundamental agama Islam yang kedua adalah aspek syariah atau norma syariah. Aspek inilah yang menjadi dasar bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah dan berperilaku sehari-hari.

3. Aspek Perilaku (Akhlak)

Aspek perilaku atau akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam. Dalam aspek ini, peserta didik diajarkan untuk berperilaku positif sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits. Oleh karena itu, etika, moralitas, dan akhlak menjadi hal yang harus dikembangkan dalam pendidikan agama Islam.

Cara Mengamalkan Ajaran Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa contoh cara yang perlu dapat dilakukan:

1. Mengucapkan kalimat syahadat

Kalimat syahadat merupakan kalimat yang diucapkan oleh seseorang ketika memeluk agama Islam. Dengan mengucapkan kalimat syahadat, seseorang menjadi seorang muslim dan diharapkan untuk menjalankan ajaran Islam dalam kehidupannya sehari-hari.

2. Menjalankan shalat

Shalat adalah salah satu rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam. Shalat dilakukan lima kali sehari dan menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Dalam menjalankan shalat, seseorang juga diajarkan untuk disiplin dan konsisten dalam menjalankan ibadah.

3. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berisi ajaran-ajaran Islam. Dalam membaca Al-Qur’an, seseorang akan mendapatkan banyak manfaat seperti meningkatkan keimanan, menambah pengetahuan, dan memperbaiki akhlak.

4. Menjaga hubungan dengan sesama

Islam mengajarkan untuk saling menghormati dan membantu sesama manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat menjaga hubungan dengan sesama dengan cara memberikan bantuan ketika dibutuhkan, menghormati perbedaan pendapat, dan tidak merugikan orang lain.

5. Menjaga perilaku

Perilaku atau akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam. Dalam menjaga perilaku, seseorang diajarkan untuk berperilaku positif sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits. Oleh karena itu, etika, moralitas, dan akhlak menjadi hal yang harus dikembangkan dalam pendidikan agama Islam.

Dan itulah penjelasan mengenai pengertian pendidikan agama islam dan cara mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page