Travel

Rekomendasi Tempat Wisata di Sembalun Paling Indah

76
×

Rekomendasi Tempat Wisata di Sembalun Paling Indah

Share this article
tempat wisata di Sembalun
tempat wisata di Sembalun

Selain Bali, Lombok bisa dikatakan sebagai tempat favorit para pelancong untuk menikmati liburan. Dan salah satunya adalah Sembalun. Sembalun adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Kira-kira seindah apa tempat wisata di Sembalun sehigga banyak di minati?

Perlu kamu tahu, Sembalun memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, budaya, dan petualangan. Jika kamu pensaran seindah apa tempat tersebut, di bawah ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Sembalun yang bisa kamu kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sembalun Paling Indah

1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, dan merupakan destinasi wajib bagi para pecinta trekking dan hiking, karena menawarkan pemandangan spektakuler, seperti danau Segara Anak, kawah, air terjun, dan hutan.

Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih, yaitu jalur Sembalun dan jalur Senaru. Jalur Sembalun lebih cocok untuk pendaki berpengalaman, karena memiliki medan yang lebih terbuka dan curam. Jalur Senaru lebih cocok untuk pendaki pemula, karena memiliki medan yang lebih beragam dan teduh.

Untuk mendaki Gunung Rinjani, kamu harus mendapatkan izin dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, dan membayar biaya masuk sebesar Rp 150.000 per orang per hari.

2. Bukit Selong

Bukit Selong adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di Sembalun, karena menawarkan pemandangan sawah yang terkotak-kotak dengan berbagai warna, seperti sebuah anyaman.

Dari atas bukit, kamu juga bisa melihat pemandangan pegunungan, desa, dan langit yang cantik. Di Bukit Selong, ada beberapa spot foto yang menarik, seperti gardu pandang, ayunan, dan rumah pohon. Untuk mencapai Bukit Selong, kamu harus menaiki tangga sebanyak 300 anak tangga. Tiket masuk ke Bukit Selong adalah Rp 10.000 per orang.

3. Desa Beleq

Desa Beleq adalah desa adat yang masih menjaga keaslian budaya dan arsitektur Sasak, suku asli Lombok. Di desa ini, kamu bisa melihat rumah-rumah adat yang dibangun dari bahan-bahan alami, seperti bambu, kayu, jerami, dan kotoran kerbau.

Rumah-rumah adat ini memiliki bentuk yang unik, yaitu beratap tinggi dan berdinding rendah. Dan di desa ini, kamu juga bisa belajar tentang sejarah, adat, dan kepercayaan masyarakat Sasak, serta mencicipi makanan khas, seperti ayam taliwang, plecing kangkung, dan sate bulayak. Tiket masuk ke Desa Beleq adalah Rp 5.000 per orang.

4. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun adalah tempat wisata yang berada di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut, yang menawarkan udara sejuk dan pemandangan alam yang hijau. Di taman ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana dan aktivitas, seperti perosotan, pehahu Nabi Nuh, aquarium ikan, ayunan, dome, taman cinta, taman bunga, dan tangga pelangi.

Dan taman ini juga cocok untuk berkemah, karena memiliki fasilitas tenda, toilet, dan mushola. Tiket masuk ke Taman Wisata Pusuk Sembalun adalah Rp 20.000 per orang.

5. Wisata Air Terjun Sembalun

Sembalun juga memiliki beberapa air terjun yang indah dan menantang, seperti Air Terjun Mangku Sakti, Air Terjun Umar Maya, Air Terjun Dewi Selendang, Air Terjun Telaga Madu, dan Air Terjun Kalianjah. Air terjun-air terjun ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mulai dari warna, ketinggian, debit, hingga lokasi.

Untuk mencapai air terjun-air terjun ini, kamu harus melewati jalan yang berbatu, berlumpur, dan menanjak, serta berjalan kaki di tengah hutan. Namun, semua usaha itu akan terbayar dengan keindahan dan kesegaran air terjun yang bisa kamu nikmati. Tiket masuk ke wisata air terjun Sembalun bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

6. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan adalah bukit yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, yang menawarkan panorama alam Sembalun yang memesona. Dari atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan sawah, desa, dan Gunung Rinjani.

Dan bukit ini juga menjadi tempat favorit para fotografer, karena memiliki banyak objek foto yang menarik, seperti bendera, payung, dan tenda. Untuk mencapai Bukit Pergasingan, kamu harus mendaki selama sekitar 2 jam. Tiket masuk ke Bukit Pergasingan adalah Rp 10.000 per orang.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sembalun yang bisa kamu kunjungi. Sembalun memang memiliki banyak pesona yang bisa membuat kamu terpesona. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke Sembalun, dan nikmati keindahan alam, budaya, dan petualangan yang ditawarkannya. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page