Tekno

Aplikasi Java: Bahasa Pemrograman Yang Dapat Dijalankan Di Berbagai Komputer

94
×

Aplikasi Java: Bahasa Pemrograman Yang Dapat Dijalankan Di Berbagai Komputer

Share this article
aplikasi java
aplikasi java

Aplikasi Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dan Java banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

Java adalah bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan di rancang secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang bisa memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa tempat platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal sebagai dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”.

Cara Membuat Aplikasi Java dengan Mudah

Untuk membuat aplikasi java, Kamu perlu menginstal JDK (Java Development Kit) yang sesuai dengan versi java yang Kamu gunakan. JDK berisi kompiler java, mesin virtual java (JVM), dan pustaka stkamur java.

Kamu juga dapat menggunakan salah satu dari tiga IDE (Integrated Development Environment) populer seperti NetBeans, Eclipse, atau IntellijIDEA. IDE adalah perangkat lunak yang membantu Kamu menulis, mengedit, mengkompilasi, dan menjalankan kode java dengan lebih mudah.

Salah satu program java yang paling sederhana adalah program yang mencetak “Hello World!” ke layar. Berikut adalah contoh kode program tersebut:

“`java

public class HelloWorld {

    public static void main(String[] args) {

        System.out.println(“Hello World!”);

    }

}

“`

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari kode di atas:

  • `public` adalah sebuah kata kunci di Java yang menandakan bahwa objek, metode, atau atribut dapat diakses dari kelas lain.
  • `class` adalah sebuah kata kunci di Java yang digunakan untuk membuat sebuah kelas.
  • `static` adalah sebuah kata kunci untuk membuat sebuah metode tidak perlu diinstansiasi terlebih dahulu.
  • `void` adalah sebuah kata kunci untuk menandakan bahwa metode tidak mengembalikan nilai apa pun.
  • `main` adalah nama metode utama yang akan dieksekusi oleh JVM saat menjalankan program.
  • `String[] args` adalah parameter metode main yang berisi argumen-argumen yang dapat diberikan saat menjalankan program.
  • `System.out.println` adalah perintah untuk mencetak sesuatu ke layar.

Cara Mengkompilasi Dan Menjalankan Program

Untuk mengkompilasi dan menjalankan program ini, Kamu dapat menggunakan perintah berikut di terminal atau command prompt:

“`

javac HelloWorld.java

java HelloWorld

“`

 

Perintah pertama akan menghasilkan file bernama `HelloWorld.class` yang berisi bytecode java. Perintah kedua akan menjalankan file tersebut dengan menggunakan JVM.

Jenis-Jenis Aplikasi Java

Aplikasi java dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara menjalankannya. Berikut adalah beberapa jenis aplikasi java yang umum:

1. Aplikasi konsol

Aplikasi ini hanya menggunakan antarmuka teks dan dijalankan melalui terminal atau command prompt. Contoh: program hello world di atas.

2. Aplikasi GUI (Graphical User Interface)

Aplikasi ini menggunakan antarmuka grafis untuk berinteraksi dengan pengguna. Contoh: aplikasi desktop seperti Microsoft Word atau Paint.

3. Aplikasi web

Aplikasi ini dijalankan di server web dan dapat diakses melalui browser. Contoh: situs web seperti Google atau Facebook.

4. Aplikasi mobile

Aplikasi ini dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Contoh: aplikasi Android atau iOS.

Beberapa Pustaka Dan Framework Populer Untuk Aplikasi Java

Untuk membuat aplikasi GUI, web, atau mobile, Kamu perlu menggunakan pustaka atau framework khusus yang menyediakan komponen-komponen antarmuka dan fungsi-fungsi lainnya. Beberapa pustaka dan framework populer untuk aplikasi java adalah:

Swing: Pustaka stkamur java untuk membuat aplikasi GUI desktop.

Jakarta Struts: Framework untuk membuat aplikasi web berbasis MVC (Model-View-Controller).

Spring: Framework untuk membuat aplikasi web atau enterprise yang mendukung dependency injection, aspect-oriented programming, dan lainnya.

– Android: Sistem operasi dan framework untuk membuat aplikasi mobile yang berjalan di perangkat Android.

Dan itulah beberapa hal yang ada di aplikasi Java. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page