Property

Contoh Bisnis Properti yang Bisa Kamu Coba

86
×

Contoh Bisnis Properti yang Bisa Kamu Coba

Share this article
contoh bisnis properti
contoh bisnis properti

Kamu sedang ingin membangun bisnis tapi bingung? Kamu bisa mencoba bisnis properti. Dan bagi yang bingung kira-kira apa saja yang ada dalam bisnis properti, di bawah ini kita akan memberi kamu contoh bisnis properti.

Perlu diketahui, bisnis properti adalah salah satu sektor bisnis yang menjanjikan dan memiliki prospek cerah di masa depan. Ada banyak jenis bisnis properti yang bisa dijalankan dengan modal kecil maupun besar, sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh bisnis properti yang bisa Kamu coba:

Contoh Bisnis Properti yang Bisa Kamu Coba

1. Developer Properti

Developer properti adalah orang atau perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan dan penjualan properti, seperti rumah, apartemen, ruko, atau kawasan perumahan. Biasanya, Developer properti membeli lahan kosong atau rumah bekas, kemudian merencanakan dan membangun proyek properti di atasnya, lalu menjualnya kepada konsumen. Kemudian, Developer properti membutuhkan modal yang besar, namun juga berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar pula.

2. Agen Properti

Agen properti adalah orang yang bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli properti. Profesi agen properti bertugas untuk mencari dan menawarkan properti yang sesuai dengan kebutuhan dan budget klien, serta membantu proses negosiasi dan administrasi transaksi.

Dan biasanya, agen properti mendapatkan komisi dari penjualan properti yang berhasil dilakukan. Bisnis ini cocok untuk Kamu yang memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik, serta jaringan luas.

3. Bisnis Kontrakan

Bisnis kontrakan adalah bisnis yang mengandalkan penyewaan properti kepada orang lain, baik harian, bulanan, maupun tahunan. Biasanya, bisnis ini bisa dilakukan dengan membeli atau membangun rumah, apartemen, kos-kosan, atau penginapan, lalu menyewakannya kepada orang yang membutuhkan tempat tinggal sementara atau permanen.

Dan bisnis ini bisa memberikan passive income yang stabil, asalkan Kamu bisa menjaga kualitas dan kebersihan properti, serta menetapkan harga sewa yang kompetitif.

4. Bisnis Homestay

Kemudian ada bisnis homestay yang merupakan bisnis yang menyediakan akomodasi bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman tinggal di rumah penduduk lokal. Selain itu, bisnis ini bisa dilakukan dengan menyewakan kamar atau seluruh rumah Kamu kepada wisatawan, baik melalui platform online seperti Airbnb atau secara offline. Bisnis ini cocok untuk Kamu yang tinggal di daerah wisata dan memiliki rumah yang nyaman dan bersih.

5. Bisnis Properti Lewat Pasar Modal

Bisnis properti lewat pasar modal adalah bisnis yang memanfaatkan instrumen-instrumen investasi yang berkaitan dengan sektor properti, seperti saham, reksa dana, atau obligasi. Dan biasanya, bisnis ini bisa dilakukan dengan membeli dan menjual instrumen-instrumen tersebut di bursa efek, dengan tujuan mendapatkan capital gain atau dividen.

Selain itu, bisnis ini cocok untuk Kamu yang memiliki pengetahuan dan analisis tentang pasar modal, serta bersedia mengambil risiko fluktuasi harga.

6. Bisnis Interior Design

Selanjutnya, ada bisnis interior design yang  bergerak di bidang desain dan dekorasi interior, seperti rumah, apartemen, kantor, hotel, atau restoran. Bisnis ini membutuhkan kreativitas dan kemampuan mengolah ruang agar terlihat lebih estetik, nyaman, dan fungsional. Dan bisnis ini cocok untuk Kamu yang memiliki bakat dan minat di bidang seni dan desain.

7. Bisnis Furniture

Bisnis furniture adalah bisnis yang menyediakan perabotan dan furnitur untuk properti, seperti sofa, meja, kursi, lemari, rak, atau tempat tidur. Biasanyan, bisnis ini membutuhkan modal untuk membeli atau membuat furniture, serta tempat untuk menyimpan dan memamerkannya. Dan bisnis ini cocok untuk Kamu yang memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang bahan dan cara pembuatan furniture.

Itulah beberapa contoh bisnis properti yang bisa Kamu coba. Semoga artikel ini bermanfaat! Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page