Travel

Nilai Historis Pantai Gandoriah Pariaman Wajib Kamu Jajal!

88
×

Nilai Historis Pantai Gandoriah Pariaman Wajib Kamu Jajal!

Share this article
Pantai Gandoriah Pariaman
Pantai Gandoriah Pariaman

Bagi kamu yang merupakan pecinta pantai, dan masih belum berkunjung ke Pantai Gandoriah Pariaman, segera siapkan budget, dan lekaslah berkunjung. Bukan hanya karena keindahan pantainya, tetapi pantai tersebut memiliki nilai historis yang tidak dimiliki pantai-pantai lainnya di Indonesia.

Pantai Gandoriah Pariaman adalah salah satu objek wisata pantai yang populer di Sumatera Barat. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan gugusan pulau-pulau kecil di lepas pantainya. Selain itu, pantai ini juga memiliki kisah cinta tragis yang melatarbelakangi nama pantainya.

Sejarah Nama Pantai Gandoriah

Nama pantai Gandoriah berasal dari nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau. Kisah ini menceritakan perjalanan cinta seorang pemuda bernama Anggun Nan Tongga dengan Puti Gandoriah, yang ternyata adalah sepupunya. Keduanya tidak dapat menikah karena mereka adalah saudara sepersusuan.

Anggun Nan Tongga pergi berlayar untuk mencari tiga pamannya yang tidak kunjung pulang dari perantauan. Dalam perjalanan, ia berhasil menemukan pamannya satu per satu. Namun, salah seorang temannya yang lebih dahulu kembali ke kampung halamannya mengabarkan bahwa Anggun Nan Tongga telah meninggal.

Puti Gandoriah yang sangat sedih memutuskan untuk bersemedi di Gunung Ledang. Ketika Anggun Nan Tongga kembali dan menemukan Puti Gandoriah, mereka harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka tidak boleh bersatu. Kisah ini menjadi inspirasi nama pantai oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Padang Pariaman pada masa itu.

Keindahan Pantai Gandoriah Pariaman

Pantai Gandoriah memiliki keindahan alam yang mempesona. Konturnya yang landai membuat ombaknya ramah dan cocok untuk berenang atau bermain air. Di lepas pantai, terdapat enam pulau kecil yang dapat disinggahi dengan perahu. Keenam pulau tersebut adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong, dan Pulau Bando.

Pantai ini juga memiliki fasilitas wisata yang lengkap dan berkualitas. Ada hotel, restoran, kafe, gazebo, toilet, tempat parkir, dan lain-lain. Selain itu, pantai ini juga memiliki akses yang mudah karena hanya berjarak 20 meter dari Stasiun Pariaman dan 100 meter dari pusat kota Pariaman.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Gandoriah

Ada banyak aktivitas yang bisa Kamu lakukan di pantai Gandoriah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

– Berenang

Jernihnya air pantai serta ombak yang tidak terlalu besar, maka lokasi Pantai Gandoriah menjadi cocok untuk berenang atau bermain air.

– Selancar

Di pantai ini bisa juga melakukan aktivitas selancar, meskipun ombaknya tidak terlalu besar, namun cukup menantang untuk mencoba sensasi berselancar.

– Bermain voli pantai

Di tepi pantai, terdapat lapangan voli pantai yang bisa digunakan untuk bermain bersama teman-teman atau keluarga.

– Berkeliling dengan perahu nelayan tradisional

Kamu dapat menyeberang ke enam pulau kecil yang ada di lepas pantai Gandoriah, yaitu Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong, dan Pulau Bando. Di sana, Kamu dapat menikmati pemandangan alam yang lebih eksotis dan asri.

– Menikmati kuliner khas Minang

Di sekitar pantai, banyak pedagang yang menjual makanan khas Minang yang lezat, seperti sala lauak, rendang, sate padang, dan lain-lain.

– Bermain wahana anak

Pantai Gandria mempunyai wahana aktivitas seperti arena skateboard, kemudian terdapat pula wahana bermain anak-anak seperti mobil jarak jauh dan odong-odong.

– Berkeliling dengan bendi atau delman

Jika tidak ingin berjalan, Kamu bisa berkeliling pantai dengan menyewa transportasi tradisional bernama bendi atau delman.

– Menikmati pemandangan matahari terbenam

Pada sore hari, kamu bisa menikmati panorama matahari terbenam yang sangat menarik dari jembatan yang ada di pinggir pantai.

Dari penjelasan ini, masih ragu untuk berkunjung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page