Finance

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

82
×

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Share this article
perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen
perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen

Kita yakin, sebagian dari kamu pastinya sudah sering mendengar istilah akuntansi keuangan dan akuntansi manajeman. Namun, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen tersebut?

Jawabannya mungkin sebagian ada yang tahu dan tidak, tentang apa itu perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Maka dari itu, kita tertarik untuk mengulasnya sebagai  tembahan informasi bagi kamu. Tanpa berbasa-basi berikut penjelasannya.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan informasi keuangan untuk kepentingan pihak eksternal perusahaan, seperti pemegang saham, kreditur, pemerintah, dan lain-lain.

Biasanya, akuntansi keuangan bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dan dapat digunakan untuk menilai kinerja dan posisi keuangan perusahaan.

Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan informasi keuangan untuk kepentingan pihak internal perusahaan, seperti manajemen tingkat atas, menengah, dan bawah.

Dan akuntansi manajemen bertujuan untuk menghasilkan laporan yang detail, rinci, dan spesifik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah, menganalisis alternatif, dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi aktivitas perusahaan.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Ada beberapa perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, di antaranya adalah:

1. Tujuan

Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pihak eksternal dalam membuat keputusan investasi atau kredit. Dan akuntansi manajemen bertujuan untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pihak internal dalam membuat keputusan operasional atau strategis.

2. Pengguna

Akuntansi keuangan menyajikan laporan keuangan kepada pihak eksternal, seperti pemegang saham, kreditur, pemerintah, dan lain-lain. Sedang, akuntansi manajemen menyajikan laporan kepada pihak internal, seperti manajemen tingkat atas, menengah, dan bawah.

3. Ruang lingkup

Akuntansi keuangan meliputi seluruh aktivitas perusahaan secara keseluruhan. Sedang akuntansi manajemen meliputi aktivitas-aktivitas tertentu atau segmen-segmen tertentu dalam perusahaan.

4. Rentang waktu

Akuntansi keuangan menyusun laporan keuangan berdasarkan periode akuntansi tertentu, biasanya satu tahun atau satu kuartal. Sedangkan, akuntansi manajemen menyusun laporan berdasarkan periode yang dibutuhkan oleh manajemen, bisa harian, mingguan, bulanan, atau sesuai permintaan.

5. Fokus informasi

Akuntansi keuangan berfokus pada informasi historis atau masa lalu yang telah terjadi. Lalu, akuntansi manajemen berfokus pada informasi proyektif atau masa depan yang diharapkan terjadi.

6. Tipe informasi

Akuntansi keuangan menyediakan informasi kuantitatif yang berupa angka-angka finansial. Sedangkan akuntansi manajemen menyediakan informasi kuantitatif dan kualitatif yang berupa angka-angka finansial maupun non-finansial.

7. Sifat informasi

Akuntansi keuangan menyediakan informasi yang objektif, pasti, dan terukur. Dan akuntansi manajemen menyediakan informasi yang subjektif, perkiraan, dan tidak pasti.

8. Standar akuntansi

Akuntansi keuangan harus mengikuti standar akuntansi yang berlaku secara umum (GAAP) atau standar akuntansi lainnya sesuai dengan negara atau wilayah masing-masing. Lalu, akuntansi manajemen tidak terikat oleh standar akuntansi apapun dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan manajemen.

9. Audit

Akuntansi keuangan harus disiapkan untuk audit eksternal oleh auditor independen yang akan memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan. Sedangkan akuntansi manajemen tidak disiapkan untuk audit eksternal dan hanya disajikan kepada komunitas internal perusahaan.

 Kesimpulan

Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah dua bidang akuntansi yang berbeda dalam hal tujuan, pengguna, ruang lingkup, rentang waktu, fokus informasi, tipe informasi, sifat informasi, standar akuntansi, dan audit.

Keduanya memiliki peran yang penting dalam menyediakan informasi keuangan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Akuntansi keuangan lebih menekankan pada aspek pelaporan, sedangkan akuntansi manajemen lebih menekankan pada aspek pengambilan keputusan.

Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page