Travel

Yuk Liburan ke Luar Pulau Jawa! Ini dia Rekomendasi Tempat Wisata di Sinjai

75
×

Yuk Liburan ke Luar Pulau Jawa! Ini dia Rekomendasi Tempat Wisata di Sinjai

Share this article
tempat wisata di Sinjai
tempat wisata di Sinjai

Sinjai adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan kekinian. Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner, Sinjai menawarkan berbagai pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Lalu, kira-kira apa saja tempat wisata di Sinjai yang cocok untuk dikunjungi?

Bagi kamu yang tertarik dengan tempat wisata di Sinjai, tetapi bingung harus kemana. Tenang saja di bawah ini ada rekomendasi yang bisa kamu pilih untuk berlibur nanti. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia penjelasannya.

Yuk Liburan ke Luar Pulau Jawa! Ini dia Rekomendasi Tempat Wisata di Sinjai

1. Pulau Sembilan

Pulau Sembilan adalah sebuah gugusan pulau yang terdiri dari sembilan pulau kecil, yaitu Pulau Larea-rea, Pulau Kanalo, Pulau Burungloe, Pulau Liang-liang, Pulau Kambuno, Pulau Bulo-bulo, Pulau Tengah, Pulau Kambing, dan Pulau Kima.

Dan pulau-pulau ini memiliki pesona alam yang luar biasa, dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, terumbu karang yang indah, serta berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Pulau Sembilan, seperti snorkeling, diving, berenang, berjemur, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan.

Bagi yang tertarik berkunjung, Pulau Sembilan berlokasi di Kecamatan Pulau Sembilan, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Sinjai.

2. Rumah Adat Karampuang

Rumah Adat Karampuang adalah sebuah kampung adat yang masih menjaga dan melestarikan kebudayaan Sinjai yang asli. Di kampung ini, Kamu bisa melihat rumah adat dengan struktur Bugis kuno yang masih berdiri kokoh.

Rumah adat ini dihuni oleh Raja atau To Matoa dan Kepala Pemerintah Adat yang dikenal dengan sebutan Gella. Kamu juga bisa belajar tentang sejarah, adat, dan tradisi masyarakat Sinjai di kampung ini. Untuk berkunjung, Rumah Adat Karampuang berlokasi di Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupodo, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Sinjai.

3. Air Terjun Saukang Lembang

Air Terjun Saukang Lembang adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan mengalir dari Sungai Saukang yang berasal dari Gunung Bawakaraeng. Selain itu, air terjun ini memiliki air yang segar dan jernih, serta dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah keindahan alamnya.

Kamu bisa mandi, bermain air, atau sekadar bersantai di bawah air terjun ini. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Selatan, sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Sinjai.

4. Bukit Pelangi

Bukit Pelangi adalah sebuah bukit yang memiliki panorama yang menakjubkan, terutama saat malam hari. Selain itu, bukit ini dihiasi oleh berbagai lampu berwarna-warni yang membentuk pola seperti pelangi.

Kamu bisa menikmati pemandangan bukit ini dari atas atau dari bawah. Kamu juga bisa berfoto di spot-spot unik yang ada di bukit ini, seperti ayunan, jembatan, dan rumah pohon. Tempat wiata bukit Pelangi ini berlokasi di Desa Bola, Kecamatan Sinjai Utara, sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota Sinjai.

5. Pantai Ujung Kupang

Pantai Ujung Kupang adalah sebuah pantai yang memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang biru. Pesona pantai ini menawarkan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbenam.

Kamu bisa bermain pasir, berenang, berjemur, atau sekadar menikmati angin pantai di sini. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi pantai atau menuju pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dan Pantai Ujung Kupang berlokasi di Desa Ujung Kupang, Kecamatan Sinjai Barat, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Sinjai.

6. Benteng Oval Balangnipa

Benteng Oval Balangnipa adalah sebuah benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1905. Dan benteng ini memiliki bentuk oval dan terbuat dari batu bata merah. Benteng ini dulunya digunakan sebagai tempat pertahanan dan penyimpanan senjata.

Sekarang, benteng ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa melihat arsitektur dan interior benteng ini, serta berfoto di depan pintu masuk yang bertuliskan “Fort Balangnipa”. Lokasi Benteng Oval Balangnipa berada di Desa Balangnipa, Kecamatan Sinjai Barat, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Sinjai.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sinjai yang bisa Kamu kunjungi. Sinjai memiliki banyak potensi wisata yang menarik dan kekinian, yang sayang jika dilewatkan. Selamat berlibur di Sinjai!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page