Sport

Atlet Menembak Indonesia Meraih Medali Emas Pertama di Asian Games 2023

104
×

Atlet Menembak Indonesia Meraih Medali Emas Pertama di Asian Games 2023

Share this article
mendali emas

Pada Senin, 25 September, Indonesia meraih medali emas pertama dari Asian Games 2023. Muhammad Sejahtera Dwi Putra, Atlet menembak Indonesia yang mencatatkan skor tertinggi pada nomor 10 meter running target perorangan putra.

Atlet yang akrab disapa Tera itu sempurna mencatatkan poin 578-15x, pada pertandingan menembak yang diselenggarakan di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou.

Pesaing terdekat Tera adalah Ngoo Huu Vuong, atlet asal Vietnam yang meraih medali perak dengan catatan 571-10x. Selanjutnya medali perunggu dimenangi oleh atlet petembak asal Korea Selatan Jeong Youjin dengan catatan poin 565-14x. Selain pada kategori 10 meter runnung sasaran, Tera juga mendonasi medali perunggu sebagai anggota tim 10 meter running target beregu.

Tim Indonesia yang terdiri dari Tera, Julio Irfandi dan Akbar Muhammad Badri berada di posisi ketiga dengan catatan 1667 poin (33). Mereka hanya kalah dari tim Korea Selatan yang memenangi medali emas dengan perolehan 1668 poin (39, dan Tim Korea Utara yang meraih medali perak dengan 1668 skor (29).

Medali Keempat Indonesia

Indonesia kini sudah mengumpulkan satu emas, satu perak, dan empat perunggu, dengan tambahan medali emas dan perunggu dari cabang olahraga menembak. Empat medali yang diraih tim Indonesia di luar cabang olahraga menembak didapatkan pada Senin, 25 September.

Medali perak bagi Indonesia didapatkan oleh Edgar Xavier Marvelo yang meraih skor 9.786 pada nomor men’s changquan. Perolehan ini membuat Edgar Xavier Marvelo mengulangi prestasinya seperti di Asian Games 2018.

Sementara tiga perunggu didonasikan atlet di cabang dayung. Duet pedayung Indonesia antara Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri menjadi peraih medali pertama untuk Indonesia dengan perunggu untuk nomor lightweight women’s double sculls dengan catatan waktu 7:17,64.

Duet Ihram dan Memo juga mendapatkan perunggu di nomor men’s double sculls setelah meraih catatan waktu 6:27,83. Perunggu lain direbut dari nomor men’s eight melalui Rifqi Harits Taufiqurahma, Kakan Kusmana, Sulpianto, Rendi Loyal Maulana, Asuhan Pattiha. Serta Ferdiansyah, Denri Maulidzar Alghiffari, Ardi Isadi, dan Ujang Hasbulloh.

Profil Atlet Muhammad Sejahtera Dwi Putra

Asian Games 2018 menjadi debut pertamanya di turnamen besar dan langsung mendapatkan satu medali perak. Prestasi yang diraihnya itu sekalian memutus trend negatif Indonesia yang puasa gelar selama puluhan tahun.

Tiga tahun berhenti, Tera mengikuti kejuaraan menembak tingkat Asia dan meraih dua medali emas. Di nomor perlombaan 10 meter running target perorangan putra dan 10 meter running target campuran putra.

Semenjak saat itu, dia tetap berada di papan atas dalam tiap-tiap turnamen yang dia ikuti. Masuk sepuluh besar di empat nomor laga pada kejuaraan dunia menembak, mendonasi medali emas dan perak di SEA Games 2021.

Sekarang di Asian Games 2023. Muhammad Sejahtera Dwi Putra sukses menyabet medali emas dari nomor lomba 10 meter running target perorangan putra. Tera menjadi atlet menembak Indonesia pertama yang bisa meraih medali emas Asian Games dalam 72 tahun terakhir akibat keberhasilannya di Asian Games Hangzhou ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page