NewsTren

Bikin Penasaran! Siapa Ketua Tim Pemenangan Anies Baswedan-Cak Imin?

138
×

Bikin Penasaran! Siapa Ketua Tim Pemenangan Anies Baswedan-Cak Imin?

Share this article
 ketua tim pemenangan Anies Baswedan
 ketua tim pemenangan Anies Baswedan

Pasangan bakal calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah resmi mengumumkan tim pemenangan, meski  ketua tim pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Jumat, 22 September 2023 belum disebutkan. Tim pemenangan ini diberi singkatan nama Baja AMIN, kepanjangan dari Badan Pekerja Anies-Cak Imin.

Tim Baja AMIN terdiri dari 15 orang, yang meliputi 9 orang perwakilan dari tiga partai pengusung, yaitu Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serta 3 orang perwakilan dari bakal capres dan 3 orang perwakilan dari bakal cawapres. Selain itu, ada juga penasihat yang berasal dari beberapa anggota Tim Delapan yang sebelumnya bertugas untuk membentuk badan pemenangan.

Namun, hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi mengenai siapa yang akan menjadi ketua tim pemenangan Anies Baswedan-Cak Imin. Anies Baswedan mengatakan, penunjukan ketua tim dan perwakilan dari bakal capres-cawapres masing-masing 3 orang akan diumumkan kemudian.

Spekulasi Nama-nama Calon Ketua Tim Pemenangan

Beberapa Nama – nama Calon Ketua Tim Pemenangan

Meskipun belum ada kepastian, namun beberapa nama telah muncul sebagai kandidat kuat untuk menjadi ketua tim pemenangan Anies Baswedan-Cak Imin. Berikut ini adalah beberapa nama yang disebut-sebut sebagai calon ketua tim pemenangan:

– Dossy Iskandar

Dari Politikus Partai Nasdem yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Kajian Konstitusi MPR RI. Lahir 11 Oktober 1962 di Surabaya, itu sebelumnya pernah menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 melalui Partai Hanura. Dossy Iskandar juga merupakan salah satu anggota Baja AMIN dari perwakilan Partai Nasdem.

– Rozaq Asyhari

Politikus PKS yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI. Pria kelahiran Jakarta, 18 Juni 1974, itu sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Rozaq Asyhari juga merupakan salah satu anggota Baja AMIN dari perwakilan PKS.

– Nihayatul Wafiroh

Politikus PKB yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Wanita kelahiran Jombang, 7 Juli 1970, itu sebelumnya pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Nihayatul Wafiroh juga merupakan salah satu anggota Baja AMIN dari perwakilan PKB.

– Isran Noor

Gubernur Kalimantan Timur yang terpilih pada Pilkada Serentak 2018. Pria kelahiran Samarinda, 21 Mei 1960, itu sebelumnya pernah menjadi Bupati Kutai Timur dua periode (2005-2015) dan anggota DPR RI periode 2014-2018. Isran Noor didorong oleh beberapa tokoh politik di Kalimantan Timur untuk menjadi ketua tim sukses Anies Baswedan-Cak Imin di daerah tersebut.

Tantangan dan Harapan Tim Pemenangan

Tim pemenangan Anies Baswedan-Cak Imin memiliki tantangan dan harapan yang besar dalam menghadapi Pilpres 2024. Pasalnya, pasangan ini merupakan salah satu pasangan capres-cawapres yang diusung oleh koalisi partai terbesar, dengan total kursi di DPR RI mencapai 153 kursi atau 28,8 persen.

Selain itu, pasangan ini juga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi di berbagai survei. Misalnya, dalam survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada Agustus 2021, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan sebesar 20,9 persen, hanya kalah dari pasangan Ganjar Pranowo-Puan Maharani yang mendapatkan 23,5 persen.

Namun, tim sukses Anies Baswedan-Cak Imin juga harus menghadapi berbagai isu dan kritik yang muncul terkait dengan kinerja dan rekam jejak kedua tokoh tersebut. Misalnya, Anies Baswedan sering dikritik karena dianggap gagal menyelesaikan masalah banjir dan kemacetan di Jakarta, serta dituding sebagai pendukung gerakan Islam radikal. Sementara itu, Muhaimin Iskandar sering disorot karena dianggap sebagai politikus pragmatis yang kerap berpindah-pindah koalisi dan sikap politik.

Kesimpulan

Itulah beberapa nama-nama calon ketua tim pemenangan. Bagaimana menurut pandangan kamu tentang paslon Capres dan Cawapres ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page