Otomotif

Jenis Pekerjaan Otomotif yang Anak STM Wajib Tahu

91
×

Jenis Pekerjaan Otomotif yang Anak STM Wajib Tahu

Share this article
pekerjaan otomotif
pekerjaan otomotif

Bidang otomotif adalah salah satu bidang yang menarik banyak minat orang, baik dari segi hobi maupun pekerjaan otomotif. Otomotif sendiri bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya, seperti motor, mobil, bus, dan sebagainya.

Dalam bidang otomotif, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih, baik untuk lulusan SMK maupun perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan otomotif yang bisa menjadi pilihan Kamu:

Jenis Pekerjaan Otomotif yang Anak STM Wajib Tahu

1. Mekanik Kendaraan

Mekanik kendaraan adalah pekerjaan yang mengoperasikan berbagai mesin dan alat selama proses perawatan, pemeliharaan, perbaikan, atau pembaharuan kendaraan. Profesi ini bisa mencakup seluruh jenis otomotif, baik itu motor, mobil, bus, dan sebagainya. Mekanik kendaraan bisa bekerja secara mandiri atau sebagai pekerja di dealer atau bengkel.

Sebagai mekanik kendaraan, Kamu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas tentang mesin dan komponen kendaraan. Kamu juga harus memiliki keterampilan praktis dan ketelitian dalam melakukan pekerjaan Kamu.

Selain itu, mekanik kendaraan adalah pekerjaan yang menuntut spesialisasi dan kemampuan. Sehingga, jika Kamu fokus untuk mendalami dan mengambil studi perkuliahan dengan menekuni dunia mesin, maka tidak menutup kemungkinan karir Kamu kedepannya akan menjadi lebih cemerlang. Bahkan, mekanik kendaraan bisa mendapatkan gaji yang besar jika bekerja untuk kendaraan premium seperti mobil balap.

2. Perancang dan Teknisi Mesin

Perancang dan teknisi mesin adalah pekerjaan yang berhubungan dengan perencanaan (product atau design), pengembangan (development), produksi (manufacturing) dan perawatan (maintenance) mesin otomotif.

Selain itu, perancang dan teknisi mesin harus memiliki kemampuan analitis, kreatif, inovatif, dan problem-solving dalam menciptakan dan mengembangkan mesin otomotif yang efisien, efektif, aman, dan ramah lingkungan.

Kemudian, perancang dan teknisi mesin bisa bekerja di berbagai sektor industri otomotif, seperti pabrik pembuatan kendaraan, pabrik pembuatan komponen mesin, perusahaan riset dan pengembangan, lembaga pendidikan dan pelatihan, dan sebagainya. Biasanya, perancang dan teknisi mesin adalah pekerjaan yang membutuhkan latar belakang pendidikan tinggi di bidang teknik otomotif atau sejenisnya.

3. Marketing Produk Otomotif

Marketing produk otomotif adalah pekerjaan yang berhubungan dengan proses jual beli dan pemasaran produk otomotif. Untuk menjadi marketing produk otomotif harus memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi, persuasi, dan presentasi yang baik dalam menawarkan dan menjual produk otomotif kepada konsumen.

Selain itu, marketing produk otomotif juga harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk otomotif yang ditawarkan, termasuk spesifikasi, fitur, keunggulan, harga, dan sebagainya.

Dan biasanya profesi ini bisa bekerja secara perorangan atau dengan perusahaan. Kemudian juga bbisa bekerja di berbagai tempat seperti dealer, showroom, pameran, online platform, dan sebagainya.

4. Berwirausaha

Berwirausaha adalah pekerjaan yang berhubungan dengan membuka usaha sendiri di bidang otomotif. Perlu diketahui, berwirausaha di bidang otomotif bisa mencakup berbagai jenis usaha seperti membuka bengkel sendiri, produksi komponen mesin, membuka usaha dagang produk otomotif, modifikasi kendaraan sesuai permintaan konsumen, dan sebagainya.

Membuka usaha di bidang otomotif membutuhkan modal, manajemen, kreativitas, inovasi, dan keterampilan bisnis yang baik.  Bisnis ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar jika usaha Kamu berkembang dan memiliki banyak pelanggan.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis pekerjaan di bidang otomotif yang bisa menjadi pilihan Kamu. Bidang otomotif adalah bidang yang menawarkan banyak peluang dan tantangan bagi Kamu yang tertarik dengan dunia mesin dan kendaraan.

Selain itu bidang otomotif juga membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang luas dan mendalam tentang produk otomotif. Oleh karena itu, Kamu harus terus belajar dan mengembangkan diri Kamu agar bisa bersaing di bidang otomotif.

Bagimana, tertarik menyelami dunia otomotif?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page