NewsTren

Kronologi Kecelakaan Maut Di Exit Tol Bawen

109
×

Kronologi Kecelakaan Maut Di Exit Tol Bawen

Share this article
Bawen
Bawen

Pada Sabtu, 23 September 2023, sebuah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk tronton dan sejumlah kendaraan lain terjadi di persimpangan exit tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kecelakaan ini menewaskan tiga orang dan melukai sembilan orang lainnya. Berikut adalah kronologi kecelakaan maut di exit tol Bawen:

Penyebab Kecelakaan: Rem Truk Blong

Menurut keterangan Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, kecelakaan di exit tol Bawen berawal dari sebuah truk tronton tanpa muatan bernopol AD 8911 IA yang melaju dari arah Bawen menuju Salatiga-Solo. Mobil Truk tersebut yang dikendarai oleh AR (44) adalah merupakan warga Klepu, Donorojo, Kab Pacitan, Jawa Timur.

Saat sampai di turunan exit tol Bawen, mobil truk tidak dapat berhenti, diduga akibat terkendala masalah pada sistem remnya. Nahasnya, ketika insiden terjadi, pada lampu lalu lintas di exit tol tersebut sedang menunjukkan tanda lampu merah, dan beberapa sepeda motor dan mobil sedang berhenti. Truk yang tidak bisa menghentikan lajunya kemudian menabrak kendaraan-kendaraan yang sedang berhenti di lampu lalu lintas tersebut.

Korban Jiwa dan Luka-Luka

Akibat tabrakan tersebut, tiga orang meninggal dunia dan sembilan orang mengalami luka-luka. Korban tewas terdiri dari dua pengendara sepeda motor dan satu penumpang mobil. Kemudian, ada korban luka-luka terdiri dari lima pengendara sepeda motor, tiga penumpang mobil, dan satu pengemudi truk.

Korban tewas dan luka-luka dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran untuk mendapatkan perawatan medis. Identitas korban tewas adalah sebagai berikut:

– Siti Nurjanah (40)

Warga Desa Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang. Dia merupakan pengendara sepeda motor Honda Beat bernopol H 6140 ZA yang tertabrak truk.

– Sugiyanto (40)

Warga Desa Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang. Dia merupakan suami Siti Nurjanah dan penumpang sepeda motor Honda Beat bernopol H 6140 ZA yang tertabrak truk.

– Rizky Aditya Putra (19)

Warga Desa Tegalrejo RT 03 RW 01 Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dia merupakan penumpang mobil Daihatsu Xenia bernopol H 1779 YG yang tertabrak truk.

Penanganan Kasus

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, pihaknya telah mengamankan pengemudi truk AR untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan barang bukti.

“Kami sudah mengamankan sopir truk untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Kami juga sudah melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti seperti kamera CCTV, rekaman video dari saksi mata, dan dokumen-dokumen terkait,” ujar Gatot.

Gatot menambahkan, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi truk yang diduga mengalami kerusakan pada sistem remnya. Hasil pemeriksaan akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah ada unsur kelalaian atau kesengajaan dalam kecelakaan tersebut.

“Kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari tim teknis kami. Selanjutnya, Kami akan menindaklanjuti kasus ini sesuai dengan hukum yang berlaku. Kemudian, Kami juga akan memberikan bantuan kepada korban dan keluarganya,” tutur Gatot.

Tanggapan Masyarakat Atas Kecelakaan Tol Bawen

Kecelakaan maut di exit tol Bawen ini menimbulkan berbagai tanggapan dari masyarakat. Sebagian besar masyarakat mengutuk peristiwa tersebut dan menyayangkan korban jiwa yang berjatuhan. Mereka juga meminta agar pemerintah dan pihak terkait meningkatkan pengawasan dan keselamatan di jalan tol.

“Kecelakaan ini sangat menyedihkan. Banyak orang yang meninggal dan terluka karena kelalaian pengemudi truk. Saya berharap agar pemerintah dan pihak terkait bisa memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku dan mencegah kejadian serupa di masa depan,” ucap Rina, salah satu warga yang sering melintasi exit tol Bawen.

“Kami turut berduka cita atas kecelakaan ini. Kemudian, kami juga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar selalu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan instansi terkait untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan di jalan tol,” kata Joko, Humas PT Jasa Marga Cabang Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page