Health

Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Anak Sehat untuk Menjaga Tumbuh Kembang!

187
×

Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Anak Sehat untuk Menjaga Tumbuh Kembang!

Share this article
ciri-ciri anak sehat
ciri-ciri anak sehat

Salah satu ciri-ciri anak sehat adalah anak yang memiliki kondisi fisik, mental, dan sosial yang baik. Serta dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan penyakit.

Dan selain penjelasan di atas, adakah ciri-ciri anak sehat yang lainnya? Agar kamu memiliki pengetahuan tambahan, perhatikan ulasan beberapa ciri-ciri anak dalam hidup sehat yang dapat dijadikan sebagai acuan oleh orang tua di bawah ini:

Orang Tua Wajib Tahu! Ciri-Ciri Anak Sehat untuk Menjaga Tumbuh Kembang!

Beberapa Ciri ciri Anak Sehat dalam Menjaga Tumbuh Kembang

РMemiliki Berat  Dan Tinggi Badan Sesuai Dengan Usia Dan Jenis Kelaminnya

Anak sehat memiliki pertumbuhan yang sesuai dengan standar WHO atau Kementerian Kesehatan. Orang tua dapat mengukur berat dan tinggi badan anak secara rutin dan membandingkannya dengan grafik pertumbuhan yang ada. Jika anak mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan, orang tua harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mengatasi masalahnya.

– Memiliki Nafsu Makan Yang Baik Dan Pola Makan Yang Seimbang

Kemudian, anak sehat memiliki selera makan yang normal dan tidak mudah bosan dengan makanan. Anak sehat juga mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Anak sehat juga minum air putih yang cukup setiap hari, yaitu sekitar 1-1,5 liter. Orang tua harus mengajarkan anak untuk makan dengan teratur, tidak melewatkan sarapan, dan tidak mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan, atau minuman manis berlebihan.

– Memiliki Aktivitas Fisik Yang Cukup Dan Rutin

Lalu, anak sehat senang bergerak dan bermain, baik di dalam maupun di luar rumah. Anak sehat juga melakukan olahraga yang sesuai dengan usia dan minatnya, seperti bersepeda, berenang, atau bola. Aktivitas fisik dapat membantu anak membakar kalori, meningkatkan stamina, menguatkan otot dan tulang, serta mengurangi stres. Anak usia 5-17 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 60 menit per hari.

– Memiliki Pola Tidur Yang Teratur Dan Cukup

Anak sehat tidur dengan nyenyak dan bangun dengan segar. Anak sehat juga memiliki jam tidur yang tetap dan tidak terlalu larut. Tidur yang cukup dapat membantu anak memulihkan energi, meningkatkan konsentrasi, memori, dan kreativitas, serta menjaga keseimbangan hormon. Anak usia 5-13 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 9-11 jam per malam, sedangkan anak usia 14-17 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 8-10 jam per malam. Orang tua harus membantu anak untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, gelap, dan tenang, serta menghindari penggunaan gadget atau televisi sebelum tidur.

– Memiliki Perilaku Yang Positif Dan Sosial

Anak sehat memiliki kepribadian yang ceria, percaya diri, dan mandiri. Anak sehat juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, baik keluarga, teman, guru, maupun masyarakat. Dan biasanya, anak sehat juga dapat mengekspresikan emosi secara tepat, mengendalikan diri, serta bersikap kooperatif dan empati. Orang tua harus memberikan dukungan, kasih sayang, perhatian, dan penghargaan kepada anak, serta menjadi contoh yang baik bagi anak dalam bersikap dan bertindak.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang ciri-ciri anak sehat yang orang tua wajib ketahui. Dan apakah anak-anak kita sudah sesuai kriteria atau belum? Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengontrol dan menjaga kesehatan anak. Ajaklah anak-anak untuk memakan makanan sehat dan olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page